Food Journey : Kediri. Sate Bekicot, kuliner wajib khas Kediri

Hampir semua orang Indonesia pernah makan sate,mulai dari sate ayam, kambing, hingga sate ikan. Tapi selain itu, pernah mencoba sate bekicot?

Sate bekicot ada di daftar teratas makanan yang harus saya coba bila mengunjungi Kediri. Awalnya, saya kira mencari sate bekicot merupakan hal yang sulit. Kenyataannya, banyak sekali rumah makan yang menyajikan bekicot di daftar menu. Di Kediri, bekicot diolah menjadi berbagai macam jenis hidangan. Mulai dari tongseng hingga krengsengan super pedas menggunakan bekicot sebagai bintang utamanya.

dsc_0682

Sebelum mengitari kota Kediri, saya mencoba hidangan sate bekicot dan berencana untuk mencoba hidangan bekicot lainnya di perjalanan pulang. Sayangnya saya dan teman teman nyasar dan krengsengan bekicot dan tongseng bekicot tinggalah kenangan. Sedih.

Kembali ke sate bekicot, tekstur daging bekicot keras. Mungkin karena dimasak terlalu lama hingga daging menciut dan mengeras. Cukup disayangkan sebenarnya, karena bekicot memiliki takstur kenyal yang unik yang sayangnya hilang ketika diolah menjadi sate.

Untuk rasa, bagi orang Jawa, pasti jatuh cinta dengan rasa sate bekicot ini. Rasa dagingnya di dominasi manis. Sayangnya, bagi yang tidak berlidah Jawa, hidangan ini hampir 90%nya adalah sara manis yang menghilangkan jejak rasa lainnya. Namun, sate disajikan dengan bumbu kacang dan irisan bawang merah serta jeruk nipis. Perasan jeruk nipis memberikan kesegaran ekstra untuk sate, dan bumbu kacang memberi tambahan rasa bagi sate, ditambah irisan bawang, sate ini menjadi terasa lebih hidup.

dsc_0681

Sayangnya, di tempat saya makan, daging yan digunakan adalah daging siap pakai yang telah dimasak dan ditempatkan dalam plastik-plastik kecil. Nah, daging siap masak inilah yang kemudian diolah menjadi apapun pesanan anda. Mungkin karena itu daging terasa kurang segar dan terasa telah diolah beberapa kali. Kabar baiknya, hal ini membuat anda yang tidak tertarik kuliner ekstrim akan merasa aman saat mencoba sate bekicot karena tidak ada jejak rasa daging bekicot pada daging ini.

Satu porsi sate berisi 50 tusuk dan hanya seharga Rp 15.000. yaps, lima puluh tusuk hanya lima belas ribu rupiah. Satu tusuk sate berisi sekitar 3-4 potong daging. Dan meskipun sate ini berukuran mini, satu porsi berisi 50 tusuk mampu dihabiskan seorang diri.

dsc_0684

Jadi, siap mencoba sate bekicot bila berkunjung ke Kediri?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s