Jawa Barat : Kue Koci

Berhubung beberapa bulan terakhir sedang sibuk-sibuknya skripsi dan sidang akhir, blog ini jadi kurang terurus. Padahal, banyak banget makanan yang numpuk di draft menunggu giliran untuk di post. Karena sesibuk apapun kegiatan, kulineran tetap jalan terus haha.

kue-koci

Ada yang pernah mencoba kue koci sebelumnya? Kue ini cukup sulit ditemukan, bahkan untuk yang tinggal di wilayah Jawa Barat sekalipun. Cukup disayangkan, padahal saya yakin hanya dengan sekali mencoba, banyak yang akan jatuh cinta pada rasa dan teksturnya.

Kue koci merupakan penganan khas Jawa Barat, sayangnya lagi, masih belum banyak dokumentasi mengenai asal kue koci ini. Kue koci memiliki berbagai jenis pilihan isi, mulai dari kacang hijau, hingga yang paling sering ditemukan adalah unti (parutan kelapa dengan gula merah). Tetapi, yangmenjadi ciri khas dari kue koci adalah bentuknya yang menyerupai piramida dengan ukuran mungil (bite-size). Ukurannya yang mungil memudahkan dalam menyantap kue ini. Tinggal hap!

dsc_0059

Untuk teksturnya, kue koci super kenyal, mirip dengan moci. Bedanya, bila adonan moci cenderung tawar/hanya terasa sedikit manis, kue koci memiliki rasa manis khas gula jawa. Kue koci yang saya makan diisi dengan kacang hijau, mirip seperti isi bakpia. Rasanya? Jangan ditanya. Kenyal dibagian luar dengan ini manis yang gurih. Cocok untuk cemilan di sore hari. Cocok juga untuk cemilan di pagi, siang, malam, tengah malam, untuk anda yang tidak bisa berhenti nyemil.

Seperti kue lainnya yang menggunakan tepung sagu sebagai bahan dasar kulitnya, kue koci dilapisi minyak agar kue tidak menempel dengan pembungkusnya. Hal ini yang sebenarnya agak mengganggu untuk saya. Karena akan menyulitkan untuk menyantap kue ini sembari beraktifitas,  terutama sambil bekerja di depan laptop karena cukup membuat tangan lengket. Tetapi, untuk teman nyemil saat nonton TV, kue koci merupakan teman yang sempurna.

Seperti kue basah lainnya, kue koci tidak memiliki daya simpan yang panjang. Sebaiknya, kue langsung dimakan setelah di beli. Atau dapat disimpan di kulkas maksimal 3hari.

dsc_0655

Tertarik mencoba kue koci? Atau pernah mencoba kue ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s